28.9 C
Yogyakarta
Rabu, Oktober 23, 2024

Suzuki dan Yamaha ternyata punya Idling Stop System

Idling Stop System, teknologi temuan umum yang perkenalkan pertama kali oleh Honda untuk motor produksi massalnya.. dan ternyata pabrikan lain seperti Suzuki dan Yamaha juga sudah punya Idling Stop System atau ISS tetapi belum di terapkan untuk motor produksinya.

Seperti diketahui, ISS (Idling Stop System) bekerja dengan mematikan mesin apabila tidak dipakai dalam beberapa menit sob.. Dengan ISS ini kendaraan akan hemat bahan bakar, fungsinya paling terasa apabila mengemudi di lampu merah.

Idling Stop System (ISS)
Idling Stop System pada motor Honda

Saat motor dengan Idling Stop System (ISS) dimiliki oleh motor-motor Honda khusunya Skutik seperti Vario, BeAT atau PCX. Nah, untuk produsen seperti Yamaha dan Suzuki malah belum mengaplikasikanya, padahal mereka sudah punya teknologi ini.

Suzuki Jepang bahkan sudah mendaftarkan ke hak paten ke Japanese Patent Office (JPO) dan terbilang sejak 2013 lalu dan baru dipublikasikan pada tahun 2015 kemarin, begitu juga dengan Yamaha yang telah mendaftarkan patent atas nama Yamaha Hatsuki Kabushiki Kaisha. berikut adalah foto terlampir patent-nya

Idling Stop System Suzuki Paten
Paten Idling Stop System Suzuki
Idling Stop System Yamaha Paten
Paten Idling Stop SystemYamaha

Loh kenapa mereka belum membenamkan Idling Stop System layaknya Honda? eits, gak tau juga bro.. Mungkin hanya belum saja atau gimana.. Nah, daripada ribet mikir jawaban yang tidak pasti, lebih baik ketahui bagaimana Idling Stop System akan bekerja. Lihat foto berikut sob..

Sistem Idling Stop System Yamaha
Idling Stop System Yamaha

Dari Sistem Idling Yamaha diatas bisa diartikan bahwa Mesin Mati secara Otomatis apabila;
Seluruh akselerator tertutup, kecepatan mesin (rpm) tidak lebih dari yang ditentukan, temperatur mesin melebihi yang ditentukan (tidak mati dalam kondisi mesin masih dingin), aki atau baterai normal. Nah, jadi selain kondisi diatas, bisa dipastikan Idling tidak akan berfungsi sob.. wah keren ya

Wah, jadi Suzuki dan Yamaha ternyata punya Idling Stop System toh.. Mungkin tinggal menunggu saja diterapkan ke motor-motornya. // BlogOtive

Hendri Widananto
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru