23.9 C
Yogyakarta
Kamis, Oktober 24, 2024

Tenaga Mesin New Yamaha R25, Mesin Lama Tapi Lebih Kencang.. Ini alasanya!

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab, seperti diketahui Yamaha memperkenalkan New R25 model terbaru pada tanggal 11 Oktober 2018 lalu, tampilan memang sedikit berubah menjadi lebih ganteng daripada versi sebelumnya. tapi..

Yamaha tidak membuat revisi apapun pada sektor dapur pacu alias mesin, padahal sayang banget ya tampilan depan sudah DNA R-series terbaru, suspensi baru, stang dan speedometer baru, akan tetapi mesinya masih sama..

Disini beberapa fansboy Yamaha mungkin sedikit kecewa, termasuk beberapa teman-teman Blogger yang artikelnya saya baca ikut menyayangkan Yamaha tidak melakukan update mesin yang minimal punya power lebih buas lagi daripada yang dulu-dulu.

Mungkin karena ekspektasi terhadap Yamaha R25 ini cukup besar di kalangan biker.. ditambah lagi tersiar kabar bocoran sebelumnya kalau power New R25 bakalan bisa tembus 39 HP.. eh ternyata masih sama dengan 35,5 sekian tenaga kuda.. mungkin sedikit kecewa.

Baca juga:  HOT! Begini Bentuk Yamaha New R25 facelift 2019
Desain baru New R25 2019 nampak depan
Desain baru New R25 2019 nampak depan

Bukan apa, tapi ini bisa menjadi masukan positif untuk Yamaha soalnya kompetitor sudah melakukan revisi pada bagian mesin.. sebut saja Honda CBR250RR dan New Kawasaki Ninja 250 yang keduanya punya mesin dengan performa tenaga maksimal yang ngerihh sabet 38 HP lebih.

Sementara pada spesifikasi resmi Yamaha New R25 2019 powernya masih sama seperti mesin sebelumnya yakni 26,5 kW atau kalau dikonversikan ke daya kuda sebesar 35,5 HP pada putaran mesin 12 ribu rpm.. torsi maksimum juga sama saja sebesar 22,6 Nm pada 10 ribu rpm.. dalam kesimpulanya power R25 ini paling rendah dikelasnya terpaut sekitar 3 HP.

  • Tenaga maksimal : 26,5 kW (35,5HP) @ 12.000 rpm
  • Torsi maksimal : 22,6 Nm @ 10.000 rpm
  • Berat isi : 166 kg

Saat dikonfirmasi memang Yamaha mengakui tidak merubah sektor mesin, dengan kata lain masih sama seperti generasi sebelumnya.. ukuran piston, kompresi sampai mapping ECU-pun masih sama alias tidak di remapping ulang.. bahkan air-scoop di moncong New R25 itu bukan menyuplai ruang udara pembakaran melainkan mengarah ke radiator.. dengan kata lain fungsinya sebagai pendinginan extra.

Baca juga:  Pemberitahuan Recall Yamaha R25 dan MT-25, Ganti Spring Torsion dan Hose Radiator Gratis!

New R25 pakai Mesin Lama Tapi Lebih Kencang

Hanya saja kata Project Leader YZF, Michiharu Hasegawa sebagai orang yang mendevelop motor ini mengatakan kalau motor sport YZF R-series termasuk New R25 tetap memiliki kecepatan tinggi.. top speed.

Project Leader YZF, Michiharu Hasegawa
Project Leader YZF, Michiharu Hasegawa

Michiharu menambahkan di presentasinya kalau top speed New R25 bisa tembus 180 kilometer per jam alias lebih kencang 8 km/jam daripada yang lama.. dengan mesin yang sama dan bahkan bobotnyapun kebetulan sama di angka 166 kg.

Loh, tapi kenapa New R25 baru ini lebih kencang daripada old R25 ?? Jawabanya karena revisi desain bagian depan yang dirubah oleh Yamaha, katanya ini lebih Aerodinamis..

Hal ini disebabkan karena New R25 Punya layer bertumpuk atau mereka menyebutnya Fairing Cross yang lebih bersahabat dengan hembusan angin.. Cd.A menjadi 0,323 daripada sebelumnya di angka 0,347.

Baca juga:  17 Poin Bocoran All New R25 terbaru, Traction Control jadi Standar baru
New Yamaha R25 terbaru lebih cepat 8 kmpj daripada sebelumnya meski mesinya sama
New Yamaha R25 terbaru lebih cepat 8 kmpj daripada sebelumnya meski mesinya sama

Nah jadi terjawab sudah nih kenapa Yamaha R25 yang baru bisa lebih kencang daripada R25 yang lama.. karena motor ini lebih aerodinamis daripada versi sebelumnya, desain fairing itu bukan cuman faktor keren saja tapi aerodinamikanya juga harus diperhitungkan.. naik 8 Kpj lumayan lah ya.. (Baca juga : Modifikasi Spare Part Non-Mesin Yang Bisa Menambah Performa Sepeda Motor Kamu)

Bagaimana kalau New R25 ini dibandingkan dengan Honda CBR250RR dan Ninja 250? Mungkin jawaban terbaik adalah kalau ketiga motor ini di tes di sirkuit langsung.. we can wait.. (Hendri)

Hendri Widananto
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru